dermaga
Pose Bersama Setelah Pemancangan Tiang Dermaga Beang
Kalabahi, Bupati Alor Simeon Th Pally melakukan pemancangan tiang pembangunan dan pekerjaan konstruksi Dermaga Beang di Desa Aramaba, Kecamatan Pantar Tengah, Kamis (27/6). Pemancangan tiang itu dihadiri Asisten Deputi Pulau Pulau Kecil Terdepan dan Terluas Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT) Himawan Seno Wahyuni.
Pembangunan dermaga yang menelan dana Rp 22,7 miliar lebih itu dilaksanakan PT Artha Jaya Makmur Sejahtera selama 195 hari kalender.
Camat Pantar Tengah Agustinus Laa mengatakan, pembangunan dermaga adalah pergumulan masyarakat Pulau Pantar. Selain dermaga, warga Pantar Tengah juga butuh jalan sepanjang 15 kilometer untuk mengakses pelabuhan. “Kalau jalan belum dibuat, maka pelabuhan juga belum bisa kita gunakan,” katanya.
Bupati Simeon Th Pally mengatakan, banyak persoalan yang dihadapi Pemkab Alor karena berada di daerah perbatasan, terkecil, dan terluar. Karena itu, tantangan dan persoalan ini menjadi tanggung jawab bersama termasuk KPDT.
Menurutnya, tantangan dan persoalan yang dihadapi seperti infrastruktur jalan dan jembatan, air dan perumahan layak huni,  sarana komunikasi dan informatika, serta pendidikan dan kesehatan. “Itu merupakan tantangan yang dihadapi Kabupaten Alor saat ini,” kata Pally.
Dia menambahkan, selama ini warga Pantar jika ke Kupang harus melalui Kalabahi. “Dengan pembangunan pelabuhan ini, kita akan rencana untuk mengubah jadwal dan rute kapal feri Kalabahi-Beang-Kupang-Kalabahi,” katanya.
Untuk memperlancar arus keluar masuk pelabuhan, maka direncanakan akan dibangun ruas jalan Beang-Kaka Mauta dan Toang-Beang.

Sumber: www.victorynews-media.com